Postingan

Resep Masakan Jepang, Tempura dan Somen

Gambar
Waah sudah sekian lama gak capciscuss lagi di blog ini, hmmmm. berharap target menulis (dari hati) makin membaik dari hari ke hari yaaay ☺(Amiiiiin).
Kali ini mau berbagi tulisan tentang resep makanan dari negeri sakura. salah satu jenis makanan khas jepang namanya Tempura. makanan jenis ini terbuat dari sayur dan seafood yang di goreng dengan tepung khusus. YUUUK, simak step by stepnya :). kali aja suatu hari mau bikin di indonesia, atau ada yang ingin menjamu teman dari jepang, bisa bikin masakan ini, cukup gampang sih (asal sesuai instruksi hehe)

Teman teman jepang saya yang baik hati dengan senang hari berbagi resep ini dengan teknik pembuatan ala jepang tentunya, arigatou ne ☺❤❤


 Bahan Bahan : Seafood  : jenis seafood yang biasa digunakan adalah Udang (udangnya yang ukuran besar yaa), cumi dll Sayuran : jenis sayurannya antara lain : terong ungu, ubi, labu, piman (sejenis paprika hijau), buncis, lobak (daikon)  Somen : sejenis mie jepang yang lebih kecil dan halus dibandingkan ud…

Catatan ilmu, mengaji bersama Ust Taqy Malik

Gambar
Summer holiday, yay
Hidup di Jepang penuh tantangan kawan. Tantangan yang paling paling berasa adalah menuntut ilmu agama. Yapss. Begitulah hidup di negeri minoritas, harus ada semangat dan tekad untuk tidak lelah menuntut ilmu agama. Dulu, di Indonesia sana, sangat mudah mendapatkan kajian, ceramah dari ust, ataupun sekedar rehat di mesjid sambil tafakur, ah kangeeeeennya. 
Tapi, Alhamdulillah bangeeet di Jepang masih diberi kesempatan dan kemudahan dalam menuntut ilmu, membasahi dahaga yang kering, dan melunakkan hati yg kadang mengeras. Iman itu naik turun bukan? Begitulah. Ketika ia turun maka bersegeralah mencari obatnya agar naik kembali. Alhamdulillah wa syukurillah. Allah mudahkan hambanya dalam mencari setetes ilmu. 
Ditengah panas terik matahari, suhu rata rata diatas 30 derajat setiap harinya, kedatangan Ust Taqy Malik beserta rombongan menjadi semacam oase ditengah gurun (hyperbola sekali yaa, hehe). Tpi sejujurnya memang ini adalah bahasan yang sangat kubutuhkan saat ini (pa…

Open campus : tokyo institute of technology

Gambar
Hari ini adalah acara open campus di kampus tokyo institute of tecnology atau dalam bahasa jepang disebut tokodai. Acara open campus ini adalah agenda rutin setiap tahunnya. Melihat pemandangan kampus dan hiruk pikuk mahasiswa dan calon mahasiswa mengingatkan saya akan kampus dan segala aktivitasnya hehe. Jadi pengen kuliah lagi hehehe. Semoga ada rejekinya yaa. Amiiiiin.

Barusan dapat brosur (dalam bahasa jepang) tentang program dan jurusan apa aja yang ada dikampus ini. Ada jadwal presentasi dari setiap lab. Jadi bagi calon mahasiswa yg tertarik maka bisa mengikuti presentasi dilab tersebut. Kuliah di jepang katanya concern di riset/eksperiment. Kalau kuliah teoritis itu biasanya gak banyak. Riset lebih diutamakan. Mgkn kalo teori mata kuliahnya bisa dibaca dirumah kali yaa😁😁.

Acara ini menjadi menarik sih menurutku, karena dulu kalo di indonesia, kalau mai masuk kuliah harus tes smpb/snmptn dan gak ada open campus alias pengenalan jurusan terlebih dahulu. Kalau mau lebih banyak t…

Nasehat pernikahan

Gambar
Dalam sebuah perjalanan menuju tempat buka bersama di pusat kota, tetiba aku mengingat banyak hal terutama tentang ramadhan ramadhan yang sudah kulalui. Duluu, ramadhan adalah saat dimana aku dan keluargaku beriringan menuju masjid untuk shalat tarawih, lalu kemudian hiruk pikuk kampungku lepas tarawih yg masih saja ramai, seperti siang saja. Sahur menjadi moment yang saangaat kurindukan ketika akhirnya aku jauh dari rumah, bagaimana ibuku menyiapkan segala sesuatunya untuk kami sekeluarga, tanpa membangunkan kami untuk membantunya. Ah aku selalu ingin menangis kalau ingat rumah. Kasiih ibu dan bapaak, tanpa pamrih yaa😭😭.
Melewati ramadhan di kota kembang, hampir 7 tahun tentu menyisakan kenangan. Teman kosan menjadi keluarga kedua hehe.

Hidup berjalan seperti mimpi, karena akhirnya aku menikah wkwk (yaaah, jalan hidup memang rahasia Allah, kita hamba hanya mampu berusaha sekuat tenaga menjadi yang terbaik didunia).

Balik lagi keperenunganku dalam perjalanan tadi, semakin kuingat se…

Japan life

Japan life style 🇯🇵


Pake masker klo sakit😷 Ngerokok ada tempatnya Jalannya naik turun, pake sneaker lebih aman Parkiran ada batasnya. Pake tanda batas Pake seragam semua, supiir taksi juga pake seragam Pintu taksi g usah d tutup ya, nutup sendiri, kecuali pintu depan Naek transportasi umum, bayar dulu baru naek Gak ada kenek😆 Gak ada ojeg, gak ada angkot😆 Alpukat itu sayur yaa bukan buah🍐 Panda usagi koala, lagu anak jepang Kore Wa arismasuka? Yg ini ada gak? Ano, sumimasen shashin o tottemo ii desuka? Maw foto bareng, boleh? Kore wa ikura desuka? Yg ini harganya berapa? Matta nee : sampai jumpa/see you Masker doraemon gak ada di jepang, masker doraemon yg saya bawa di bilang kawaiiiiii, doraemong mask😄😄😄 Air kran bisa langsung di minum😱 Musim dingin paling enak makan pake kotatsu Bayi di panggil "akachan" Popok namanya "omutsu" Public transportation oke bgt
Tas sekolah anak sd gede semua
Dimana ada perbaikan (jalan, gedung dll) di situ ada sekuritii
Pikn…

Sifat Dasar Manusia

Gambar
Judulnya kok kayak bab pelajaran agama di sekolah yaa, hehehe. Sebenarnya lagi lagi tulisan ini ditujukan padaku terlebih dahulu, sebelum kemudian aku berharap ini juga bisa bermanfaat buat orang lain. karena sejatinya menulis adalah menyehatkan, membahagiakan, kemudian mencerdaskan. tergabung di grup wasap ODOP ini membahagiakanku, walau kadang ciut dengan kesigapan emak emak dalam membagikan buku2 bacaanya yang keren2. tsaaaaah pengen cepat cepat menghabiskan buku bacaan minggu ini yang masih beberapa helai lagi hehe. semangaat
Balik lagi ke topik. kenapa aku ingin merefresing ingatanku tentang "sifat dasar manusia" ini, karena sebetulnya kurasa ada yang salah dengan perasaanku akhir akhir ini hehe, sering berkeluh kesah misalnya, atau merasa tidak punya kekuatan untuk bangkit dan mengambil peran di zaman modern ini (haha ini mah lebay, wong mendidik anak juga peran penting ditengah zaman... ah syudahlah, mamak mamak harus setrong lahir bathin, jiwa raga demi keluarga sak…

Bean Scattering Ritual

Gambar
Ikatlah ilmu dengan tulisan, ikatlah peristiwa dengan tulisan untuk menjadi kenangan ☺☺☺ (barangkali suatu hari nanti sudah tak di Jepang lagi :)
Suatu hari dimusim dingin tepatnya tanggal 3 Februari setiap tahunnya, teman teman jepang mengajakku untuk merayakan salah satu tradisi mereka yaitu mame-maki, atau dalam bahasa inggrisnya "the Bean Scattering Ritual" atau Bean Throwing Festival, artinya kurang lebih adalah ritual menyebar/melempar kacang dengan maksud tertentu. Peristiwa ini dirayakan dengan maksud berakhirnya musim dingin dan mulai masuknya musim semi. 
Ajakin ini kusambut dengan senang hati, karena pada dasarnya aku senang mengamati budaya masyarakat sekitar, belajar dari apa yang menjadi tradisi mereka. banyak sekali peristiwa unik di jepang ini yang rasanya sayang kalau dilewatkan begitu saja hehe. 
Kami mengadakannya disalah satu rumah member GLOBISH (kids international community). yaaps, seperti apa keseruan acara mame maki ini?? 
Setiap orang akan dapat se…